Pemarah dan Bersabar

Hanya seorang yang pemarah yang bisa betul-betul bersabar. Seseorang yang tidak bisa merasa marah tidak bisa disebut penyabar, karena dia hanya tidak bisa marah. Sedangkan seorang lagi yang sebetulnya merasa marah, tetapi mengelola kemarahannya untuk berlaku baik dan adil adalah seorang yang berhasil menjadikan dirinya bersabar. Dan bila Anda mengatakan bahwa untuk bersabar itu sulit, Anda sangat tepat, karena kesabaran kita diukur dari kekuatan kita untuk tetap mendahulukan yang benar dalam perasaan yang membuat kita seolah-olah berhak untuk berlaku melampaui batas.
~ Mario Teguh

Comments

  1. hermanto says:

    Mungkin maksudnya “untuk marah aja gk berani” [bukan gk mau]. jadi banggalah kita yg bisa marah tapi juga bisa mengelola kemarahannya untuk berlaku baik dan adil.

  2. Pada awalnya aku memang pemarah berat terutama sejak berhenti bekerja dan harus ngurus ke 3anakku sendirian.Tapi setelah usia bertambah juga makin sadar hal itu tidak bagus untuk perkembangan anak,maka aku jadi semakin sabar.

  3. ————-
    ????????? ?? ?????????? ???? ?????? ????? ?????? ??? ????
    ————————————-

    Jangan Lupa memaca Al Quran surat 6 ayat 112.
    ” Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Jika Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan ”

    Wassalam.
    Jalius HR

  4. saya mau komen ne pak, bagai mana klo orang yang ambisus tapi temperamen, pasti cenderung tidak bisa mengontro emosi/amarah nya kan
    seperti contoh : petinju
    thank’s Bpk mario

  5. kamu benar aq salah seorang yang tidak dpt marah krena aq tidak mau menyakiti hati orang lain .

  6. dion thesurvivor says:

    mantap.

  7. bagus baget

    • jadi seseorang yg mendapat title pemarah itu p bs d sebut OK Tittle ????

      tp q setuju, org pemarah adlah org yg sabar

  8. yudhi yunada says:

    SUPER SEKALI…..

    pak Mario

    Salam SUPER

  9. Rachmat Rasyid, SE says:

    Iyya….. aq sngt setuju, krn dulunya aq org yg sngt temperamen tp aq melatih diri u/ memahami secara baik bahwa “marah” itu adalah emosi yg tdk stabil dan menyerap banyak energi sehingga sngt mengganggu konsentrasi kita. thanks

  10. setuju…mbak Dini..!
    saya dulu waktu SLTA sering merasa gampang marah..ttp seiring dgn bertambahnya usia dan msk kuliah..lama2 bisa mengontrol diri, dan kebetulan saya bergabung dgn pelatihan meditasi dgn teman2 kampus, dan hasilnya luar biasa…saya bisa bersabar dan IKHLAS, sbp segala sesuatu bila kita ikhlas dlm segala hal pasti legowo alias tdk terpaksa, mk hasilnya akan suka-cita. Amin…

  11. setuju bgt…….. hal ini saya alami sendiri pak…… karena saya org yg mudah marah…….. betul sekali ^_^

  12. memang sgt sulit menjadi org yg sbr, semakin kita coba untuk bersabar semakin besar pula kemarahan yg akn keluar.bgmn ya cara nya agar bs menjadi org sabar,

  13. is the best mario teguh

  14. siip lah…”_^..

  15. iya nih kadang2 sy marah banget sampe ga mampu keluarin kata2 lg…sy simpan di hati n menarik napas panjang…tapi masih kesal juga kalau terulang lagi untuk hal2 yang sama yg paling tidak sudah pernah kita beritahukan

  16. pelajaran berharga saat anak sy nanti sudah besar… thanks sharingnya mbak Dini… :)

  17. khoerul afandi says:

    kadang marah teh gak bisa di tahan,bagimana mengntisipasi malah itu ea

  18. butuh pemahaman utk mngerti ……….
    butuh ksabaran jga tuk m’mbacanya,,,,,,,,,,
    ha,,,ha………
    ;)

  19. lebih gampang meredam nafsu daripada amarah……kadang amarah datang dg tda di sengaja hal segala sesuatu yang buat hati ga enak gundah n jengkel pnyebab amarah yg berkepanjangan………………….hidup cuma buayan tapi manusia selalu mengindah kan hidup yg hanya penuh tan tangan n nafsu amarah yg berkelanjutan……………..

  20. saya sering menghadapi dl yang marah2 karena bonusnya terpotong, barang banyak yang kosong, starterkit belum datang. di kantor oriflame penuh sesak.

    diki selalu menghadapi dengan tenang….biasanya tidak langsung dilayani…..besoknya baru dijelaskan secara baik-baik….dan akhirnya mereka mengerti…..

    menurut iwan fals…”kesabaran adalah matahari’ artinya kalau kita bisa menahan sabar maka akan bisa memancarkan sinar yang lebih hebat….dan bisa bermanfaat buat semua…..

  21. buat mbk rini gadjo,,bener bgt mbk forgiven yes but not forgotten,,itu yg saya rasakan smp skrg dr dampak org2 yg sering menyakiti saya ,,

  22. eka sari says:

    terimakasih pak Mario,, semoga saya bisa meng-implementasikan kata-kata dari Bapak…

  23. mokha says:

    marah yg baik adalah sabar, . . Takut marah bukan berarti sabar, tp menerima untk tidak marah dan menghembuskanya dg ampunan adalah pekerjaan yg sabar

  24. eddybawor says:

    gampang marah gampang juga ilangnya..ga pakai lama,ga memendam amarah

  25. iin kawedar says:

    Waduh mbk Din..tak kira marah betulan ma saya..ternyata cm postingan hehehe…keburu kaget.
    Yup betul!! apa yg di katakan Mario Teguh.. saya termasuk orang yg gampang marah tp klo sdh selesai marahnya ya sudah baikan lg, kecuali klo keterlaluan nyakitin hati sy,baru…, bkn dendam tp sy menganggap org trsbt ga ada walaupun nyata2 d depan mukaku, lbh baik menghindar alias ga mo kenal/tau ttg dia lagi(hehe…sama aja jelek yach!). Sy klo marah lbh nyaman diem, tarik nafas panjang,klo perlu nangis ya nangis hehehe… hbs gitu, dah plong deh!

  26. sunni ghea says:

    marah/emosi…..adalah kata yang mengambar jika seseorang sedang mengalami sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan/keadaan….
    ada marah yang harus dilampiaskan dengan kata2 yang tidak sepantasnya di ucapkan…tetapi ada marah yang selalu di pendam tanpa harus diketahui orang lain….karna kita punya kepribadian yang berbeda…tetapi keduanya bisa digunakan sesuai dengak sikon dong….yang penting jangan asal ASBUN ya….
    marahlah jika itu benar,,,
    tetapi harus dengak kata2 bijak dan tepat supaya tidak menyakiti orang yang kita marahi…karna marah memang harus dikeluarkan…jangan selalu dipendam ya marahnya…karna bahaya…

  27. setuju memang susah mengendalikan marah….tapi kalo kita berusaha bisa kok.kalo saya lagi mau marah saya tarik nafas dalam berkali kali dulu ,walaupun jadi marah tapi ga terlalu jadinya

  28. saya juga ada pengalaman Bu tentang marah.saya orang yg tdk bisa marah,saya orangnya lebih baik diem dari pada marah2,saya dapat menahan kesabaran untuk tidak marah2 tapi kalo sudah kelwatan emosi, saya kadang bisa menandingi orang yg marah2 .saya kalo marah tidak berkepanjangan kalo habis marah ya sudah itu baik lagi biasa-biasa lagi,dan saya tidak punya rasa dendam pada siapa pun saya orangnya gampang memaafkan orang,karena saya tahu orang pemaaf adalah paling mulia.

  29. Jito_amor says:

    Aku setuju banget dengan nukilan dari ” Mari Teguh” tentang Marah dan Bersabar. Aku juga sering marah dan bahkan marah tanpa sebab karena timbul rasa jengkel dari hati sendiri, aku pun menydari bahwa apa yang kita lihat tidak harus selalu sesuai dengan apa yang menjadi kehendak diri sendiri. sebaliknya juga demikian apa yang dimiliki dan menjadi kemauan diri sendiri itu tidak harus sama dengan apa yang dimiliki oleh orang lain karena semua itu adalah kodrat Illahi. Itulah mbak Dhini yang pernah aku rasakan, tetapi ada lagi perilaku aku yang membuat orang marah marah tetapi diriku tidak merasa melakukannya karena orang tersebut belum ada komonikasi yang terbuka sehingga menimbulkan kesalah pahaman. Pemarah dan bersabar emang ibarat selendang dengan seorang penari, dimana jika penari tersebut pintar menggerakkan selendang sesuai irama akan membuat orang siapapun yang melihatnya menjadi senang karena lihanya dalam menari berselendang. Sebaliknya jika tidak tidak akan membuat semua oranng mejadi muak, mual dan acuh tak acuh karna tidak tahu harus diapakan seendang tersebut harus digerakkkan oleh sang penari. Demikian juga Pemarah dan bersabar, orang tersebut akan bersabar jika ketika marah beliau sadar akan bahwa orang yang bikin marah tersebut perlu dikaji ulang mengenahi penyebab, kemauan dan kemana arah mereka sehingga kita tahu bahwa yang salah adalah kita sendiri sehingga tibul kesabaran. Menghela nafas panjang itu adalah kunci menciptakan kesabaran karena marah itu adalah hembusan hawa nafsu yang membuat orang terlupakan akan pengendalian diri. He. he. he kok malah jadi ngelntur mba’ Dini. Ya smoga selama ini jika komunikasi kita bikin orang marah setidaknya hari ini menjadi penyabar. Trima Kasih Mba’ Dini atas penyajian temanya yang menarik yang semua orang pasti memiliki.

  30. dwi stacelon wijaya says:

    sungguh berat mengendalikan amarah bila mana hanya memandang dari satu pihak yang kita butuh kan adalah suatu pengertian antara satu dan yang lainnya

  31. Marah itu nikmat coy…

  32. halo guyz…
    ya saya adalah seorang yg mudah marah tetapi saya tidak tahu kenapa saya tidak bisa menahan emosi saya…ada suatu hari saya mencoba menahan marah tetapi saya ga tau kenapa malah itu membuat saya malah menjadi
    seperti kacau balau…seperti sakit kepala…cepat tersinggung…selalu memikirkan hal2 yg negatif kepada sesorang…tidak tau kenapa?ada yg tau bagaimana caranya supaya menjadi yg terbaik?

  33. arifin buatan says:

    kesabaran adalah kunci dari kesuksesan,,,,,,
    selalu di dampingi dengan kebaikan,,,,,,,,

  34. Marah, Benci, Tidak suka itu semua bagian dari sifat dasar manusia, Hanya manusia itu sendiri lah yang bisa mengendalikan itu semua.

  35. super..bngttt..

  36. semua i2 hharus die jalanie dengan hatie”..
    jika tidaj ingin kegagalan

  37. saya juga pamarah pak tapi wajar kan namanya juga manusia

  38. joe fardas says:

    MARAH ADALAH UJIAN DARI BATAS KESABARAN…..

  39. betul itu, marah emang susah untuk di bendung. saya sndr kadang2 masih suka kelepasan klo marah. tapi sehabis itu nyesel sendiri. saya pingin bgt bisa belajar sabar. sabar untuk diri sendiri dan untuk orang lain. tapi sebatas ini saya masih blm maksimal melakukanya.

  40. Sebuah rencana yang hebat dapat gagal hanya karena kurangnya kesabaran.
    jangan cepat emosi,,krn emosi tidak bisa menyelesaikan masalah…
    bersikap sabar dan memberi nasehat terhadap lawan kita…
    sampai lawan kita sadar,,,
    by : jj com

  41. orang yang pemarah sulit menemukan ide kreatif.

  42. marah bagiku mknan sehari-2 kayaknya enaks

  43. munkin sama jua saya jika marah jua seperti itu, tapi itu semua liha apa yang membuat kita marah. tapi itu hanya terjadi sebentar atau relek aja la……

  44. Heheheee…. kata orang saya orangnya sabar, tapi ngga tau kenapa saya merasa kalo saya justru paling pemaraaaaaah banget. Hohohohooo…. brarti orang2 di sekitar saya lebih pemarah lagi yak? :p
    Tapi emang bener susah banget ngendalikan emosi apalagi di saat lagi padat2nya kerjaan, koq adaa aja yang bikin spaneng…hehheeee…
    Tipsnya mba Dini boleh juga tuh… wajib saya coba! :D
    Kalo saya biasanya kalo marah bawaannya pengen makaan ajah. Hahahaa… dari pada ngomel mending makan, tapi akhirnya jadi tambah melar…wkwk…
    Atau minum air putih yang banyak…biar dingin… xD
    Atau tidur…biar relax lagi pikirannya…hahahaaa…

    Thx banget mba Dini tipsnya. Bakal berguna banget di saat2 spaneng kayak skarang…wkwkwkwkk.. ^0^

    http://bisnis-online-kita.com

  45. Mb Dini, kok tahu sih saat email ini masuk, saya lagi marah, asli !
    Tapi bersyukur, dgn emial ini, saya mengcoba mengurut dada merapikan gumpalan kemarahan, mencoba berpikir tenang, biar ga salah langkah.
    Makasih Mb Dini…

  46. kebetulan bgt aku sekarang lagi pengen bgt marah… huuuuffhh…
    tapi aku gak tau harus ngapain tiap marah… gak bisa di keluarin…. jadi bingung n serba salah.

  47. novi nia defisika says:

    bener bangettt .. tapi buat aku … bersabar itu adalah suatu hal yang sangat berkesan didlm hidup ini. BERSABAR itu INDAH ….. penuh dengan tantangan … sebab kita melawan amarah, emosi didalam diri sendiri … dan tidak ketinggalan lagi … SYAITHON adalah yang utama didalam kemarahan kita …. …. keep smile

    #Menata Hati

  48. yonsiyla ion Asi says:

    aku termasuk orang yang kurang sabar dan dan emosi tinnggi ,seujjurnya aku pengen jdi orang yg tenang dalm menghadapi segla macam problema hidup ku ini aku ga tau cara tuk menghadapi dan mengatasiny….
    pa Mario tolong kasih masukan buat saya biar selalu tenang dalam menghadapi masalah coban dalam hidup ku ini
    mksi Pa Mario ,,,,,,, * SALAM SUPER *

  49. Iya siipp …

    Bpk mario teguh

  50. Esa Fitri Suryani Siregar says:

    Om Mario, saya mau tanya..
    Saya orangnya sangat mudah terpancing emosi, apalagi saya keturunan orang batak, dimana orang batak itu wataknya keras-keras, sy pun suka tdk memandang umur kalau sudah emosi..
    Tapi saya selalu berusaha buat jadi pribadi yg sabar Om, bahkan terkadang saya lebih memilih diam daripada saya bicara dan saya tambah emosi nantinya.
    Disini yang ingin saya tanyakan, bagaimana jika saya sudah diam dan bicara sudah halus, tapi lawan kita atau yg saya ajak bicara malah seenak-enaknya berprilaku/ bahkan bicara yg seenaknya dia(berkata dgn nada tinggi)?
    Trima Kasih Om Mario..
    Salam SUPER..

Speak Your Mind

*

katakatabijakmotivasi.com located at Jakarta , jakarta, Indonesia . Reviewed by 94 customers rated: 9.1 / 10