Niat dan Perbuatan

Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk, maka perbuatan itu buruk.
~ Imam An Nawaw

Comments

  1. abdullah says:

    saya seorang muslim, hadist(perkataan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam )itu bunyinya tidak seperti yang Anda tulis..
    “Amalan-amalan itu hanyalah tergantung dengan niatnya. Dan setiap orang hanyalah mendapatkan sesuai dengan apa yang dia niatkan. Maka siapa yang amalan hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya itu karena Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang ingin ia peroleh atau karena wanita yang ingin ia nikahi maka hijrahnya itu kepada apa yang dia tujukan/niatkan”.— tafsiran hadist ini lebih mendekati kepada kebenaran.
    atau lebih baik Anda cari Arabnya dan dibaca serta di artikan. Maka akan sangat jauh jika dengan apa yang anda tulis.
    Semoga kita mendapatkan petunjuk dan hidayah-Nya.
    Semoga bermanfaat

  2. @Abdullah,, Itu intinya sama bung, belajarlah untuk mendalami kata2,, dengan begitu anda akan menemukan kebenaran/maksudnya,

  3. Riza Fauzi Rahman Hakim says:

    Belum tentu juga. bukankah ada hadits riwayat Bukhari dalam kitab Tajrid As-sharih yang menyatakan bahwa seseorang yang berniat melakukan suatu amalan buruk tapi urung ia lakukan maka ia mendapatkan pahala sedangkan jika berniat melakukan perbuatan baik saja walaupun tidak jadi dilaksankan maka tetap kan mendapatkan pahala. sebagai muslim,lota semua harus banyak-banyak bersyukur karena Allah SWT memberikan banyak nikmat termasuk salah satunya dalam keistimewaan amal di atas. Wallahu a’lamu.

  4. tetap sehat,,tetap semangat,,,jauhi maksiat,,and say no to drugs ok,,

  5. nanati duluya

  6. junaidi says:

    saya seorang muslim,dan dijarkan oleh nabi Muhamad SAW untk sll husnuzon dan meniatkan yang baik2 tetapi lebih utama melakukan tindakan yg baik sesuai dgn ajaran agama islam

  7. Y IYlah jelas dunk…

  8. panjikertiyoso says:

    seperti mudah tp sulit .
    seperti sulit tp mudah untuk dilakukan .
    . sebenarnya tak ada alasan untuk mengabaikannya..

  9. saya sangat setuju pendapat anda itu.

  10. Pengalaman pahit yang saya lalui bersama keluarga, saya merupakan sosok yang berjiwa sosial, enggak tega dengan orang yang kita kenal memerlukan bantuan.
    Lalu lama kelamaan akhirnya menyusahkan diri sendiri, apalagi saya sebagai sosok yang enggak sampe hati untuk menagih, sehingga mamicu pertengkaran dengan keluarga.

    • Pengalaman pahit yang saya lalui bersama keluarga, saya merupakan sosok yang berjiwa sosial, enggak tega dengan orang yang kita kenal memerlukan bantuan.
      Lalu lama kelamaan akhirnya menyusahkan diri sendiri, apalagi saya sebagai sosok yang enggak sampe hati untuk menagih, sehingga mamicu pertengkaran dengan keluarga.

  11. lookey2367 says:

    Karena niat akan menguatkan motivasi untuk mencapai keinginan… dengan keinginan manusia selalu ingin menuntut ilmu tanpa akhir sampai di akhir hayatnya… dengan ilmu kita bisa menikmati hidup dunia dan akhirat… ilmu adalah kalam untuk menggapai kehidupan pada dimensi berikutnya…. peliharalah niat tersebut…

  12. wicky lucky says:

    assalamu’alaikum…
    saya muslim, saya tidak akan mengomentari tulisan anda.
    buat saya dengan ikhlas dan syukur hidup jadi indah.semoga Allah selalu ridho atas apa yang kita perbuat.
    allahu akbar

  13. orang yang pintar dan bijak adalah orang yang mau mengakui kesalahnnya…. betulkah begitu….

  14. saya setuju, baik atau buruknya perbuatan kita tidak di nilai orang lain melainkan dari nawaitu yang kita pegang sebelum berbuat

  15. perdana says:

    ga mesti niat bener perbuatan jg bener. contohnya teroris kan niatnya bener mau jihad tapi kan perbuatannya salah ngebom orang banyak.

  16. niat merupakan seuntai harapan dan perbuatan adalah beruntai dari kenyataan dalam berpikir dan bertindak,.. jadi berawal dari niat yang baik niscaya perbuatan itu akan baik pula

  17. Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar TETAPI CARANYA JUGA HARUS BENAR, KUKAN DILAKUKAN DENGAN CARA YANG SALAH.

  18. Saya sangat stuju dengan kata kata bijak yang anda tuliskan… karena benar adanya, ketika qt melakukan ssuatu yang baik harus di mulai dengan niat yang baik

  19. dogres says:

    tapi manusia meminta kita berbuat lebih dari sukses, dan kadang itu membuat kita jatuh dalam niat buruk

  20. Namun, untuk menuju niat yang benar tak semudah membalikkan telapak tangan. oleh karenaya menurutku, biarlah amal baik kita harus tercampur dengan niat-niat yang murni baik, dengan seiring berjalannya waktu pasti niat kita untuk berbuat baik akan murni baik dengan sendirinya

  21. Q mencintaix tpi kedua ortu ragu padanya meski dia berniat mjdi mualaf,apa yg mesti q lakukan?

    • Kalau niatnya sudah mau jadi mualaf ya mantapkan dulu keyakinanannya tentang Islam. insya ALLAH sy akan bantu menjelaskannya. abdul

  22. innama a’malu binniat

  23. Born Andrea says:

    innamaa’malubinniat

  24. fauziah says:

    Asslm. perbanyak lagi donk mba wat kata bijak islamnya ..

  25. kereen
    saya suka

  26. but niat yg baik blm tentu keterimanya baik lho..

  27. niat itu tumbuh dari apa sih?

  28. teddy_casper says:

    innama al_amal bin al_niat. sesuatu amal baik itu tergantung dari niatnya,,, n alo mcalah teroris itu, niatnya emang salah,,, bdw,,, baik bagi kita belum tentu baik bagi orang lain.

  29. ryani says:

    niat baik dgn ijin ALLAH….

  30. maaf, sebelumnya.
    sy seorang muslim, adakah mungkin lebih baiknya tidak ada kata mengenai agama, khususnya islam dalam apa yang anda kutip. karena dlm agma islam semuanya harus di dasari dengan ilmu. itu pendapat sy.
    terimakasih

  31. yusron says:

    ah… niat…. semakin mantap ketika di ucapkan

  32. budi m iqbal says:

    yang pasti tetapkan niat yang dalam melakukan segala hal insyaallah semua akan biar Allh swt yang menilainya.

  33. budi m iqbal says:

    yang pasti selalu tetapkan niat baik untuk melakukan segala hal biar Allah SWT yang menilainya….

  34. Niat itu dari kita untuk tuhan, jadi kita tak perlu menilai niat orang lain, karena tuhan yang lebih tau. Kita hanya bisa menilai perbuatnya saja, bukan niatnya, karena niat itu tak terlihat mata dan hanya tuhan yang tau. Itu menurut q, maaf kalau kurang berkenan.

  35. oop atmosphere says:

    ga juga. …
    Ilmu bza mmbwa kta keneraka n ilmu pun bza menuntun kta ke surga. Jd inti’a ilmu itu bkn dimutlakkn spt apa yg anda bilang td.

Speak Your Mind

*

katakatabijakmotivasi.com located at Jakarta , jakarta, Indonesia . Reviewed by 94 customers rated: 9.1 / 10